Jumat, 05 Juni 2009

tips mengatasi susah tidur

Kita semua mempunyai masalah tidur dari waktu ke waktu. Tapi Anda dapat membuat lebih mudah untuk mendapatkan malam baik dari tidur setiap malam dengan langkah-langkah sederhana ini.

  • Tinggalkan kafein. kafein dapat membuat Anda terjaga. Ia dapat tinggal di tubuh Anda lebih dari yg Anda pikir - efek dari kafein dapat berlangsung selama delapan jam untuk hilang. Jadi, kalau anda minum secangkir kopi di siang hari dan masih melek pada malam hari, kafein adalah sebabnya.Jauhkan kafein setidaknya empat sampai enam jam sebelum waktu tidur, dapat membantu Anda tertidur lebih mudah.
  • Hindari alkohol untuk membantu anda tidur. Alkohol mungkin pada awalnya membantu anda tidur, tetapi juga menyebabkan gangguan dalam keadaan tidur sehingga waktu istirahat anda berkurang.
  • Santai sebelum waktu tidur. Stres tidak hanya membuat Anda sedih,tapi bisa bikin susah tidur.
  • Mengembangkan beberapa jenis ritual sebelum tidur untuk melupakan sejenak stress di sianghari dan masuk ke waktu tidur. Ritual ini dapat anda lakukan selama 10 menit.
  • Membaca sesuatu yang ringan, meditating, aromaterapi, cahaya redup, atau mengambil air hangat untuk mandi juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Dan tidak melihat jam! Bahwa "jam" hanya akan menandakan Anda tidak aktif.
  • Lakukan gerakan gerakan ringan di waktu yang tepat menjelang tidur. Latihan rutin dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam baik. Waktu dan intensitas latihan tampaknya memainkan peran penting dalam efek pada tidur. Jika Anda adalah tipe orang yang mudah capek dan terkuras energinya, mungkin lebih baik untuk tidak latihan di malam hari. Biasa latihan di pagi hari bahkan dapat membantu meringankan insomnia, menurut sebuah kajian.
  • Kamar tidur Anda tetap tenang, gelap, dan nyaman. Untuk banyak orang, bahkan sedikit kebisingan atau cahaya dapat mengganggu tidur seperti suara kucing atau cahaya dari laptop atau TV.
  • Gunakan earplugs, jendela krepyak atau tirai, dan selimut atau segala kemungkinan untuk menciptakan lingkungan yang ideal untuk tidur. Dan tidak menggunakan lampu overhead jika Anda perlu bangun di malam hari, menggunakan lampu kecil saja.
  • Coba untuk tidak pergi ke tempat tidur terlebih dahulu. Menghindari makanan berat sebelum waktu tidur. Yang terletak diatas perut penuh.
  • Ada beberapa makanan/minuman yang dapat membantu,seperti susu, Susu mengandung tryptophan, yang merupakan bahan yg dapat menyebabkan kantuk. Makanan lainnya yang dapat membantu mendorong tidur termasuk tuna, apukat, almonds, telur, aprikot,asparagus, kentang, dan pisang. Juga, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak, Hal ini dapat membuat Anda harus bangun untuk menggunakan kamar mandi di malam hari.
  • Membatasi nikotin. merokok sebelum tidur - meskipun merasa rileks,sebenarnya menjadi pendorong darah Anda. Efek dari nikotin yang sama dengan orang-orang yang kafein. Nikotin dapat membuat Anda berdebar dan membangunkan anda pada malam hari. Harus dihindari, khususnya dekat waktu sebelum tidur.
  • Hindari tidur siang.tidur siang hanya dapat dilakukan jika anda benar benar capek dan stres. Jika Anda tidur siang, usahakan jangan terlalu lama.30 menit-1 jam cukup.
  • Jauhkan hewan peliharaan di tempat tidur. Apakah Anda tidur dengan binatang peliharaan Anda? Ini juga dapat menyebabkan anda untuk bangun di malam hari, baik dari alergi atau gerakannya.
  • Hindari menonton TV, makan, dan membahas masalah-masalah emosional di tempat tidur. Tempat tidur harus digunakan untuk tidur dan seks saja. Jika tidak, anda akan kesulitan untuk tidur.




Tips tambahan:(berdasar pengalaman pribadi saya)
Rebahkan diri anda terlentang,telapak kaki vertikal dg jempol kaki berada lurus keatas,tumit menempel di kasur.
Tarik jempol kaki anda mengarah ke anda sehingga otot betis anda sampai paha tertarik.kemudian tahan selama 2-3 menit.lalu lepaskan, maka akan rileks,dan mudah untuk tidur.

Selamat mencoba!!

1 komentar:

  1. wah.,.bagus juga tuh diikuti tips nya...
    btw, bisa ngasi masukan ga ritual yang bisa dilakukan sebelum tidur spt apa?
    makasi ya.....moga blognya makin OK

    BalasHapus

Artikel menarik lainnya di:

http://farennogreat.blogspot.com/